FILOSOFI KOPI JOSS.

15.13



‘Mba,pernah baca buku FILOSOFI  KOPI  JOSS?’

            Yang ditanya kayak gitu pasti ekspresi mukanya cuman satu, melongo sambil menyeritkan dahi,terus geleng –geleng kepala, atau gak kalaupun tau ini sebenernya judul buku yang di slewengkan , pasti bilang, emang ada Joss nya?. Ada dong.. Di dunia ini pasti semua bisa dan ada!. Nahlo, gue maksa banget jadi orang. 
             
Karena misteri buku Filosofi kopi Joss ini harus dipecahkan, coba kita cari ke toko buku gramedia yuk, siapa tau ini buku keluaran baru dengan penulis yang tidak disangka-sangka.

Omegot, udah muterin gramedia dimanapun sampe ke tukang jualan Koran ama majalah pun ikut ditanya, ‘mas, ada buku filosofi kopi joss gak?’ . Si penjual yang polos cuman bilang’ oh, kayaknya stok nya udah habis mba coba cari di toko buku yang gede mba,’

Ampun deh, mas nya kayanya gatau apa gue udah kelilingin gramedia di seluruh Indonesia ini(lebay mode on) ? Gak nemu juga buku judulnya kayak gitu an. Menghela nafas panjang.
Langsung nanya ke mbah google. Nguing, nguing.. ketik FILOSOFI KOPI JOSS.
NOT FOUND.
Yang keluar malah cover bukunya buatan DEE yang judulnya Cuma FILOSOFI KOPI DOANG.

Eh, tapi tunggu dulu deh, scroll makin ke bawah, bacain dengan detail semuanya. Gotcha! Ada! Ada! Yeee.. lala lala.. seketika itu rasanya kayak nemuin harta emas yang banyak di karung karungin. Tapi kok? Aneh. Garuk garukin layer tablet yang udah ke gores gores.
Kok bukan spesies buku ya? Ini semacam spesies kuliner yang ‘must try’ kalo lagi keliling kota jogjakarta. Wah, kayaknya ini musti kesana nih. Siapa tau ini adalah petunjuk untuk memecahkan,dari kata kata Joss nya aja udah bikin penasaran, se Joss apa sih?

Ga pake ba bi bu, langsung menghubungi  085713000,dia team jelajah budaya yang tinggal di jogja,malam itu juga dadakan kayak uang kaget kita pergi ke suatu tempat depan stasiun Tugu kota Yogyakarta untuk mencari kebenaran dari filosofi kopi ini.

 Step awal, parkirin motor di jajaran jalanan Malioboro, cari tempat yang pewe deket-deket situ biar jalan gak terlalu jauh, merhatiin cara ngambil gambar cakep kayak model Burn gitu pake speed dari kamera yg di bawa temen,siapin duit gopek buat pengamen yg tiba-tiba rese pake nyanyi dengan lagu sok romantis gitu, terus kita jalan melawan arus dari kendaraan yang banyak sliweran ditambah ga ngasih kesempatan buat nyebrang dan bikin jalanan sepanjang Malioboro itu sempit  padat manusia.
Kalo temen jalan kamu itu takut banget sama nyebrang, tinggal pilih aja  mau jadi relawan atau mau jadi musuhan?  Jadi bantulah dia layaknya ibu-ibu tua yang hendak menyebrang. Kalaupun faktanya cewek lebih macho dari cowo gitu ya?
Melewati jalan kereta punya stasiun Tugu dengan plang kereta yang cukup unik. Awalnya bingung. Di ajak duduk ke tempat angkringan gitu.
           
  Sempet mikir gini. Vacation malam hari, nyari wedang jahe angkringan, apalagi kalo di Jawa, gorengan nya enak, kulinernya mantap,penjual sama pembelinya juga seru buat di ajakin ngobrol, epic banget lah pokonya.

Ett, ini bukan sembarang angkringan, disini lah tempatnya memecahkan filosofi kopi tersebut kata team saya, ‘Pak pesen kopi joss nya dua, yg satu gak pake susu, yg satu pake susu’.
            Perhatikan, tiba-tiba apa yang terjadi? Si bapak penjual itu mengambil ARANG dan di cemplungkan ke dalam minuman,bunyinya’jess’ ato gimana ya backsoundnya? ‘joss..’ engga, bukan. ‘cess..’bukan juga, ‘jreess..’ pokoknya arang yang mesih panas itu dimasukan kedalam wedang kopi tadi seperti es batu yang dimasukan ke dalam minuman. ‘wow, ini cool banget!’


Arang yang masih menyala-nyala itu disodorkan kepada saya’ini silahkan..’.
Ga kedip. Aku disuruh minum arang yg biasa buat baker sate itu? Emang enak? Emang ga bahaya? Emangnyaa…”woy, ini minum..” sampingku membuyarkan lamunanku. 

‘Jadi ini namanya apa?’ tanyaku sambil mengudak aduk

‘ini Kopi Joss.khas nya Jogjakarta, cuman ada disini, di Jogjakarta’

‘Pak, dapet ide dari mana kopi kayak gini? Emang gak bahaya juga ya?’

‘ini malah ide dari pembeli yang dulu suka nongkrong disini, oh, engga bahaya mba, malah justru Arang nya itu yang mengurangi kafein dan bikin cita rasa sendiri’


 Slurrpp. Hm, ternyata enak banget pemirsa!

            Jadi warung ini lebih mirip kayak angringan, pake tenda, yang dijualnya juga mirip diangkringan, ada sate telor, sate usus, nasi kucingnya juga enak, tapi menu utamanya adalah kopi Joss yang dengan Arang nya itu sebagai tanda keunikan dari kopi ini. Dan inilah ternyata filosofi sebuah kopi, etikanya sampai ke lidah terus ke perasaan dan sampai ke hati.



 


Malam itu artistic banget kayak gedung tua deh pokoknya(?)
Arangiin meen! :D
Langsung headset di pasang.
Robbin Thicke- Teach you A Lesson (modus)
ganti ganti. Klik, Lisa fischer-Turn your Lights Down Low.

woy, Kalo ke Jogja bilang ya, siapa yang mau traktirin gue ke kedai kopi ini,dijamin berpahala dan gak rugi :D

You Might Also Like

2 komentar

terimakasih sudah mau berkunjung dan berbagi komentar :)