MAKERFEST 2018! BUKA-BUKAAN ILMU DARI PARA SUHU CREATOR

14.28


Makerfest itu adalah sebuah event yang diinisiasi oleh tokopedia dimana event ini memiliki misi untuk meng-kurasi, mengedukasi, dan menginspirasi para kreator di Indonesia.

Dari penjelasan diatas udah keliatan banget kan makerfest itu hadir ditengah-tengah para kebingungan orang-orang atau bahkan kreator sekalipun yang sedang berusaha ingin merealisasikan dan mengembangkan ide usaha atau ide-ide segar yang lainnya agar dapat menjadi sebuah karya atau produk yang epic dan tentunya bisa menghasilkan duit. Jaman sekarang itu susah-susah gampang loh punya kerjaan yang bener-bener kita sukain dan dapat menghasilkan duit. Percaya ngga? Ditengah-tengah padatnya orang di dunia ini, gausah jauh-jauh dulu, di Indonesia ini kita bersaing sama miliaran orang, berlomba-lomba perang inovasi. Orang-orang yang gak kreatif lama-lama akan tersisih, orang-orang yang takut keluar dari comfort zone nya lama-lama akan mati, orang-orang yang malu-malu buat “create something” akan makin gak dianggap.

Saya akan sharing sedikit tentang pentingnya kita harus punya jiwa dan raga yang kreatif. Mengutip dari bukunya Arto Subiantoro, Penduduk dunia pada awal abad ke-20 berjumlah 1,6 miliar. Dalam seratus tahun, jumlahnya bertumbuh menjadi 1,6 miliar jiwa. Berdasarkan data BPS, penduduk Indonesia sejak tahun 1973 sampai tahun 2012 mengalami pertumbuhan sebesar 80-an juta jiwa. Di satu sisi, jumlah yang begitu besar ini merupakan potensi bagi dunia usaha. Namun dengan daya saing yang rendah, potensi ini justru bisa menimbulkan masalah ketenagakerjaan. Kompetisi semakin ketat, dan you know what, setiap hari lebih dari 100 merek baru lahir di Indonesia. Dan ini pertanda bahwa perekonomian kita tumbuh, namun sekaligus ancaman, karena cepat atau lambat kita akan punya pesaing tangguh.

That means, kita sebenernya jangan pernah takut untuk menciptakan sesuatu, sesuatu itu banyak bentuknya kan, gak harus produk dan barang, tapi juga konten, ide, jasa, dan banyak banget. Di makerfest 2 hari kemarin yang berlangsung di Yogyakarta  saya mendapatkan banyak hal, selain saya bisa belanja barang-barang lucu dari para crafter di Indonesia, saya juga punya kesempatan gratisan bisa dengerin orang-orang keren yang gak pelit ngebagiin ilmunya buat kita.





BOOTH PARA CRAFTER YG JUGA LAGI IKUTAN KOMPETISI 30 CREATIVEPRENEUR TOKOPEDIA

booth jualan nya mbak @idekuhandmade (Martha Putri)

DAY 1 MAKERFEST 2018

Di hari pertama saya ketemu sama 4 pembicara dari mas Cliff yang punya Kalle Story, Mba Herlina yang suka banget baca buku dan akhirnya punya penerbitan buku indie Stiletto Book Publisher, Owner nya Polka Cosmetics Mba Tiara Adikusuma, dan The Legend mba Ria Papermoon yang terkenal Puppet2 nya itu loh.

Saya akan merangkum ilmu yang mereka sharing tentang bagaimana menciptakan produk atau barang yang kita cintai atau bahkan iseng mulai dari hobi dan akhirnya bisa di jual. Mas Cliff sendiri bilang kalau diferensiasi aja gak cukup, kita harus punya punya daya tarik lain, misal dengan menawarkan service yang sangat intens seperti kacamata custom yang dibuat Kalle Story kepada para customers, segitu detailnya mas clif bilang pokoknya produk itu sampe diperhatikan banget kenyamanan, bentuk muka calon customers, materials, dan kuncinya kudu telaten dan sabar. Lain hal nya dengan Mba Herlina, Mba Herlina sendiri karena emang tergerak karena passion nya, anyway kita emang harus agree, passion, keinginan dan kecintaan kita terhadap sesuatu akan mmembawa kita pada sesuatu juga, Mba Herlina gak cuma punya penerbitan buku indie aja, tapi juga dia akhirnya jualan juga produk home décor dari mulai iseng-isengnya dia aja suka nge dekorasi shelf buat buku-bukunya biar indah dan rapih.



Mba Tiara yang punya Polka Cosmetic ini keren banget loh, produk yang paling hitz nya Polka kan emang lipstiknya. Polka Cosmetic yang produk lokal ini justru pasarannya boom di luar negeri, mengapa? Relasi di belahan dunia dan juga manfaatin media sosial sepintarr mungkin. “Di era digital ini kami mengibaratkan melalui internet ini no boundaries. Kami ingin membalikkan keadaan, melihat banyaknya produk asing yang masuk ke Indonesia. Di sini Polka berusaha bagaimana jika produk lokal yang bisa masuk ke mancanegara. Makanya kami nggak melakukan bisnis secara konvensional lagi. Ternyata, begitu produk pertama diluncurkan, dalam waktu 3 bulan sudah habis lewat online dan antusias netizen di dunia digital tinggi sekali,”kata Mba Tiara.
Mba Tiara ngasih tau kita bahwa jangan takut dengan banyaknya pesaing yang lain, kita masih punya banyak celah yang bisa kita bener-bener masukin dan kuasain. Hoho
Kalau Mba Ria Papermoon ini kayak nya kalian udah pada tau kan ya.. Karya nya dia hitz banget loh di Jogja, pemain industri kreatif di Jogja pasti pernah kerjasama sama beliau. Dulu pernah sekali saya ketemu sama beliau waktu masih magang di hotel kreatif di Jogja, jadi lumayan udah apal lah ya. TBH, saya pas mba Ria sharing di Makerfest gak dengerin sihh karena malah muter-muter liat barang-barang lucu terus ketemu sama temen-temen, hahaha maapin..  Yang kepo creative story nya mba Ria cus instagramnya dia aja di @riapapermoon
Malem itu sebenernya ada konsernya Mocca, tapi karena saya sudah pegel banget dan laper pengen makan bakmi jawa enak deket stasiun Lempuyangan, akhirnya kita ngeloyor pergi, huahaha
Ohiya, di Makerfest 2018 ini selain booth-booth jualan barang-barang kreatif, ada juga spot-spot kita bisa Create Something dan main-main ngumpulin point gitu deh. Kayak waktu itu saya bisa ngelukis totebag, main ngelempar balon warna, karokean, dan photobooth 180%. Semuanya gratiss meen. Ih pokoknya seru banget kemaren tuh!




DAY 2 MAKERFEST 2018 YOGYAKARTA

Nah, ini hari kedua Makerfest yang di Jogja yang bikin saya semangat lagi. Guess what? Karenaa ada mbak Yaya! Kapan lagi sih bisa nonton mbak yaya dan mas payung teduh gretong? Selain itu, di hari kedua Makerfest ini saya jadi korban ke -anarkis an fans-fans nya ARIP MUHAMMAD. Itu sampe pada dorong-dorongan, desek-desek an, padahal saya udah paling depan aja, kaki saya kejepit loh sama yang belakang. Saya sampe geleng-geleng kepala sama orang-orang yang histeris banget gitu, padahal dulu saya juga pernah gitu pas ketemu sama Jelito de Leon ngajakin dia keliling Greenhost karena mau ada workshop kerjasama gitu sama dia. Buut, lucky me, my boss yang so elegant bilang, seorang PR di sebuah perusahaan itu sebagai muka perusahaan, se begitu kagumnya kamu sama seseorang jangan sampai menurunkan reputasimu, tapi belajarlah yang banyak dari dia, bertukar pikiranlah, jangan hanya jadi followers, but being your role models, bikin kamu bisa se keren dia! Gue suruh behave gitu lohh maksudnya dan be quality people. Jangan alay gitu lah intinya wkwk
Okeh, di siang menuju sore ada mba Uma Hapsari owner nya Amazara Shoes, yang kayaknya saya udah ada 5x an deh ketemu sama beliau. Dan gak pernah bosen gitu dengerin dia ngomong, karena omongan Mba Uma itu berbobot banget, kerasa banget gitu bahwa di beneran orang pinter, jenius, keren. Ah, pokoknya kalo lagi pas sharing session sama mba Uma berasa bego nya banget lah. Mba Uma tuh sering banget baca buku loh, jadi yang pengen keren kayak mba Uma kudu banget rajin baca buku, bukunya yang berbobot yeh, bukan novel menyek2, wkwk. Mba Uma tuh sering banget loh sharing tentang all about bussiness di Instagram nya, yang belum folow dia rugi banget, IG nya Mba Uma @umahapsari. Dan Mba Uma itu adalah orang paling TIDAK PELIT buat berbagi ilmunya. Saya cinta banget lah sama mba Uma. Jadi, Mba Uma kemaren ngebahas apa aja? Khas dari mba Uma adalah  paling sering sharing tentang Teamwork dan People Management to be spesific memperkuat SDM di Amazara.  Tapi kali ini mba Uma mengupas 2 pertanyaan yang kyknya sering banget di ulang-ulang sampe aku apal hahaha. Pertama tentang gimana cara pede sama produk yang kita jual, sedangkan orang sekarang udah banyak banget yang jual sepatu? Petanyaan yang kedua Bagaimana cara  Delegasi ke Employee sebagai kita seorang bos nya? 
 Aku ambil dari stories nya mba Uma ya jawabannya..










Dan, creative talkshow terakhir ini yang sampe berjam-jam nunggunya sampe keringetan dan bikin kekurangan oksigen adalah dari Bapak Youtuber dan juga Bussiness Man ARIPP MUHAMMAD!




1.    Bang, gimana sih cara kita bisa ngebuat konten yang menarik dan orang banyak yang suka?
Yang harus kita tau kita harus punya dan matengin 3K ! Karakter, Konten, dan Konsisten. Karakter diri lo yang kyk gimana yang lo mau bangun kepada publik, konten yang kyk apa yang bener-bener lo kuasain jangan cuman ikut-ikutan doang. Dan yang terakhir konsisten, biasanya ini tahapan yang paling susah dan bikin orang kalah, kadang klo udah ngga ada yg tertarik berhenti, gak ada yg subscribe berhenti. Padahal harusnya nggak gitu.. konsisten emang agak lama, tapi kita bakal ngerasain hasilnya nanti.
2.    Bang, ada niat ngga buat academy conten creator, biar content creator dan calon content creator di Indonesia bisa bikin konten yang menarik dan berbobot?
Ada, tunggu aja. ( saya juga nungguin bang. wkwkw)
3.    Bang, gimana cara lo biar gak stuck kalo ngga ada ide lagi?
Cara orang beda-beda buat dapetin inspirasi, bisa dari jalan-jalan, nonton pilem, baca buku, kumpul sama temen-temen yang punya hobi yang sama kyk lo. Pokoknya sering aja cari inspirasi biar bisa dapetin ide-ide segar.
4.    Bang, kenapa lo suka dibilang sapi, kenapa ngga yang lain?
Hahaha sumpah ini pertanyaan receh banget, jadi skip aja deh
5.    Bang, apa selama ini kendala lo sebagai content cretaor?
Kendala gue, adalah mengatasi malu. Dan ini juga pasti dialamin kalian yang masih suka malu nih, gausah malu, tapi juga jangan malu-maluin. Pede aja dengan apa yang lo lakuin yang menurut lo itu karya lo, itu diri lo. Dulu gue malu megang kamera dimana-mana tapi karena lama-lama orang tau bahwa itu kerjaan gue, itu yang akan jadi karya gue, jadi habis itu lama-lama akan kebiasa. Pokoknya juga jangan terlalu pede-pede banget juga, nanti itu bisa bikin kita jadi star syndrome hehe
Seru banget sih asli ngobrol-ngobrol sama bang arip, jadi makin pinter juga, tapi gatau deh orang-orang yang cuman mau liat bang arip dia beneran dengerin omongan bang arip atau cuman mau ngeksis-eksis story doang ketemu bang arip? Wallahu a’lam hehehe
Habis selesai sesi sama bang Arip, kita langsung meluncurr ke panggung utama buat nontonin Payung Teduh yang sekarang vokalisnya pindah bikin grup sendiri dengan nama Pusakata dan juga nyanyi lagu galau-galau indah bareng sama Mba Raisa yang aseli cantik banget gak ngerti lagi akutu..
Ditutup dengan jam setengah 12 malem makan Oseng-oseng mercon dan segelas es jeruk, kemudian teparr sampai pagii. SEKIAN CERITA SAYA TENTANG MAKERFEST 2018 YOGYAKARTA!. INGAT, MATA UANG SEKARANG KITA ADALAH KREATIF. JADI JANGAN LUPA UNTUK JADI ORANG KREATIF!
With Love,
Amadea

You Might Also Like

1 komentar

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus

terimakasih sudah mau berkunjung dan berbagi komentar :)