Abundant Healthy Living. #2019otwbodygoals ( Part II : BEING SMARTER AND HARDER !)

01.43


Yang ingin saya tekankan disini, sebenarnya sampai sekarang pun saya  belum ke tahap yang bisa dikatakan menjalankan pola hidup sehat yang benar-benar sempurna. Sebab, untuk benar-benar mengubah pola hidup dan pola makan kita sampai tua nantinya tidak semudah itu. Apalagi, saya (pernah) hidup acuh tak acuh selama belasan tahun lamanya,hoho. Tapi disini saya ingin sharing ke kalian bagaimana langkah-langkah yang sudah saya jalani kurang lebih selama  6 bulan ini, dan saya berhasil menjalankan itu semua sampai dititik berat badan saya sekarang di 50,8 kilo! Saya disini gak akan ngasih tips muluk-muluk yang soo instan dan semudah membalikan telapak tangan, karena saya disini cerita berdasarkan kisah perjalanan saya menemukan “kesadaran” untuk hidup sehat , bukan untuk hidup kurus ya. Jadi mari kita mulai!

 .     1. Knowing Deeply Your Body Then Change Your Mindset!


Dulu banget kita pasti suka mikir kalau yang namanya diet yaudah ngga makan sama sekali, puasa, pokoknya gausah makan deh. SALAH TAPI BENER! LOH? Diet paling cepet yang bikin kamu turun berat badan adalah MEN”DEFISIT”KAN KARBOHIDRAT! Tapi bukan enggak makan sama sekali. Karena semakin kamu turun berat badan maka MASA OTOT dan MASA TULANG kamu akan semakin turun. Ketika Masa otot dan tulang kamu semakin turun, kamu akan mengalami lemas, tidak punya tenaga dan kamu mudah sakit, that’s why I told you before kenapa jatuh sakit itu cepet nurunin berat badan tapi jadinya kamu lemes dan gak seger,dan kayak kurus penyakitan gitu karena masa otot kamu berkurang karena tidak ada asupan protein yang  ada ditubuh kamu, makanya yang dikorbanin adalah otot dan tulang untuk badan kamu menggerus energi yang kamu butuhkan setiap harinya. Gamau kan jadi kurus tapinya malah keliatan gak seger dan lemes terus seharian  

Kemudian, kamu harus tau berapa banyak asupan makanan yang sebenarnya kamu butukan setiap harinya! Mulai dari protein, kalori, karbohidrat.. 3 ini aja dulu deh biar gampang (karena ini asupan yang basic banget harus kita punya di setiap harinya)  kita singkat (PKK) yep. Jadi saya contohin itung-itungan tubuh saya ya! Sorry to say, ini saya dibantu ngitung kalori di tubuh saya sama teman saya yang anak gizi, jadi coba kalo punya temen anak gizi atau yang ngerti itung-itungan untuk mengukur berapa kalori yang harusnya kamu butuhkan di dalam makanan per harinya, then ask them. Saya kasih gambaran untuk tubuh saya saja ya.. Saya itu tingginya 155cm (cilik banget kan gueh) dengan waktu itu berat saya sudah di 56 kilo, dengan artian asupan kalori per hari saya asumsi itu biasanya 1.600-1.800 kkal,hahaha. Harusnya ya, keseluruhan asumsi wanita ideal per harinya hanya mengkonsumsi 1.250 kkal. Yaudin, mulai saya ngerti tentang begituan, saya udah sambil matematika aja tuh klo setiap makan, jadi dikira2 aja berarti setiap hari saya bisa makan 1 porsi nasi = 400 kkal (gila nggak lo nasi tuh gede banget kalorinya!) , terus buat lauknya saya bisa makan yang kalorinya rendah kaya tempe yang cuma 40 kalori, dan sayuran yang punya 50 kalori. Nah tuh kalo dijumlahin kan sekali makan saya bisa 490 kalori, terus dikalikan aja 3 kali makan! 1.470 kkal kan?? Masih kelebihan! Oke jadi bisa diakalin dengan nggak makan malam. Makan malam diganti dengan makan buah yang cuman 80 kalorinya. Jadi makan pagi + siang 490x2 = 980, ditambah makan buah dimalam hari 80 kkal. JADI CUMAN 1.060 KALORI per harinya! SUPERB. PAS DEH JADINYA MALAH AGAK DEFISITKAN DI KARBOHIDRAT  GAK MASALAH.

Nah, kalau lagi khilaf kelebihan kalori yang saya asumsi, saya bakar sama olahraga lagi. Inget ya sobat supernya amadeseptia wkwk, tubuh yang ideal itu dihasilkan dari 80% mengatur pola makan dan 20% nya adalah olahraga! Jadi pastikan, PLEASE OPEN YOUR MIND untuk masalah itung-itungan jumlah kalori makanan yang masuk ke tubuh kamu.

Terus yang perlu diperhatikan lagi untuk bisa turun berat badan tapi masa otot dan tulang tetap bagus atau malah meningkat adalah dengan Konsumsi Protein sebagai lauk kamu. Protein itu bisa dari ikan, dari dada ayam, itu setau saya yang paling  mudah didapatkan.

Sampe sini sudah paham kan ya? HEHEHE kalo kurang paham bisa DM saya di instagram!

THEN CHANGE YOUR MINDSET. Jangan cuman ikut-ikutan orang please, hanya kamu yang tau tubuh kamu, hanya kamu yang tau kekuatan kamu, hanya kamu yang tau bahwa seharusnya kamu hidup sehat dan DIET itu bukan untuk kurus, tapi lebih dari itu, untuk BAHAGIA.


2.      2. You need to Indulge Yourself, Babe!


Satu hal yang menjadi pelajaran berharga saya menjalani diet ini adalah jangan pernah terburu-buru mengubah hal yang sudah lama kamu jalani karena pada ujungnya justru bisa mengagalkan hal baru yang akan kamu jalani. Jadi intinya, santai aja sis!

Karena proses yang lumayan melelahkan ini kalau dirasa-rasain itu makin bikin kamu gak kuat atau malah bikin down dan jadi berhenti. Makanya kenapa semua harus berjalan beriringan. Kamu tetep banyakin wawasan tentang tubuh, gizi, dan makanan-makanan sehat. Kalau kamu sudah pahamm betul tentang semua itu, saya yakin 1000% kamu gak akan menjalani diet dengan susah payah, malah jadi fun dan kayak lagi main aja gitu, ujug-ujug kamu ngerasa sehat, terus langsing, terus enteng dan makin pede..

Mulai aja dulu dengan mengurangi jadi setengah porsi makan, jadi gausah main itung-itungan kalori kalo masih pusing mah.. mulai makan setengah porsi aja dulu deh dan rajin puasa sunnah. Insyallah, selain sehat, berat badan turun nanti wajah tuh makin glowing! #asik.

3.     3.  The Power of Habit


Sampai detik saya menulis ini, kok saya ngerasa sok-sok an banget sih dea ngasih tau kyk gini padahal masih ada bagian tubuh yang belom kecil. Nah makanya itu saya nulis ini karena saya juga bisa ngukur mana ya yang masih kurang harus saya lakuin untuk menuju kesempurnaan #asik.

Habit. Kebiasaan baik akan menjadi kebiasaan baik yang akan kita lakukan terus menerus. Contohnya adalah, sekarang saya tidak bisa minum sembarangan lagi kayak dulu minum minuman kaleng atau kemasan atau yang gitu-gitulah. Saya lebih suka minum air putih sehari itu sampai 4 liter! Dan itu saya terus lakuin tiap harinya. Yang kedua, tubuh kita ini tuh pinter banget loh, lebih pinter dari kita kalo dia sayang sama dia dan we treat better. Jadi saya udah gabisa lagi makan makanan instan atau yang “gak sehat” dalam jumlah banyak, saya akan (maaf) muntah. Pernah saya iseng beli kebab ukuran XL kesukaan saya, baru setengah saya makan, saya langsung muntah.

 Contohnya lagi banyak deh saya suka ngalamin hal-hal yang begitu, makanya kenapa saya bukan sok-sok an tapi tubuh saya kadang gamau nerima

Lah ngga enak dong gabisa makan jajanan kekinian? Kata siapa? Saya punya waktu untuk cheating kemudia detox tapi tetep gak berlebihan.. 😊

4.     4.  OLAHRAGA GUYS


Kalo dulu saya waktu masih 60 kilo, saya kayak orang gila olahraganya hampir tiap hari kaya mau ikutan lomba asean games. Sekarang di berat 50.8 kilo saya olahraga 4x aja dalam seminggu! Tapi rutin. Konsiten. Disiplin.

Olahraga yang masih saya suka ikutin sampai sekarang itu tadi aja senam zumba,pilates,yoga, aerobic-an  sama ibu-ibu muda atau sudah agak tua yang badannya semlohay, wkwk

Sama biasanya saya kalau lagi dirumah aja olahraganya itu masak, nyuci baju, nyuci piring, bersih-bersih rumah, jadi lumayan gausah olahraga diluar kalorinya udah kebakar juga tuh. Jadi beruntungnya kalian para ibu rumah tangga, kalian itu hebat..

Dan, FYI mulai bulan depan saya mau nyoba nge gym intensive sama TRX / HIIT  intensive gitu, untuk lebih membentuk badan. HEHEHE (yang cewek mau ikut boleh loh)

5.      5. CHEATING EATING


Saya juga manusia kok. Saya juga pengen bisa update-update story kaya orang-orang yang story nya lagi makan makanan “enak”, lagi makan jajanan kekinian,hahaha. Saya biasanya ngelakuin cheating eating itu di weekend aja, di hari Sabtu dan Minggu. Tapi kalian jangan kaget, hari minggu sore kalau saya selese ber cheating2 ria, saya tuh langsung naik 1-2 kilo huahaha..  Tapi makanya mulai hari senin nya saya atur lagi pola makan saya. Jadi hidup saya lebih teratur kok, HEHEHE

Jadi, sebenarnya saya cheating itu gak setiap weekend juga sih. Gila aja setiap weekend saya jadi kayak HULK yang gak pernah makan enak kali ya jadi rakus betul nanti. ENGGA GUYS.. Selama makanan cheating mu itu tetap in line, maka kamu akan merasa bahwa kamu ngga dosa kok makan yang sedikit berlemak, sedikit banyak kalorinya, sedikit tidak ada protein atau junk food (tapi belum pernah lagi sih saya makan junk food, haha). Karena kamu sudah bersyukur dan merasa cukup dengan apa yang selama ini kamu lakukan.

Saya juga belajar bersyukur bahwa segala bentuk kita yang diberikan tuhan itu paling baik lah, hanya saja kadang kita kurang bisa merawatnya, menjaganya dengan baik atau malah cuek sama diri kita sendiri. So, you cheating eating pun bagian dari loving yourself.. Dan bagian dari lifestyle karena bisa pamer makanan “enak”  di stories! Hahaha

Nah, SEKIAN DEH. Kurang lebihnya begitu yang selama ini saya lakukan untuk mengubah state of mind dan state of being saya. Dan alhamdulillah, saya ngerasain banyak banget yang berubah dari hidup saya. Ini beneran, saya jadi memandang semua hal lebih positif, saya jadi gak mudah menyalahkan orang lain, saya jadi ngga mudah bergantung kepada orang lain, saya jadi lebih rajin dan disiplin! Hahaha. Saya juga jadi mudah memaafkan orang, mudah menerima kehidupan baru di depan saya. Saya juga lebih tenang dalam berfikir dan bersikap. Pokoknya sekarang saya menjadi lebih bahagia meskipun masih sendirian #plak. Saya juga gak pernah sakit-sakitan lagi, yang biasanya kalau PMS saya suka sakit keram perut dan suka marah-marah, ini tuh gak pernah sama sekali lagi loh! Dan, yang paling saya demenin adalah saya ngerasa wajah saya tuh makin sehat dan glowing aja gitu tanpa make-up an hahaha. Saya juga sekarang sering banget dikira anak SMA #ciaa,IM FEELING SO HAPPY!

Ohiya satu lagi deh, saya kasih hack buat kalian yang masih mau makan aja dan “gamau susah”tapi mau membakar kalorinya dengan cara mudah. Kalian harus donor darah. Karena sekali donor darah untuk satu kantungnya itu akan membakar 300-500 kalori di tubuh kamu which mean sama dengan kamu lari 4- 5 KM! Hahaha. Selain sangat berjasa banget buat orang yang membutuhkan, kalian juga akan sehat dan kalorinya terbakar dengan cuman 10-20 menit di ruangan medical, hehehe. Tinggal pilih deh qaqaa! Hehehe

Comment below kalo ada yang mau ditanyain atau mau ngoreksi atau mau sharing. THANK YOU FOR READ THIS. Kalo mau di share jangan lupa sertain namaku yaa sebagai author, xixixi.

WITH SO MUCH HEALTHY LOVE,
-Amadea





You Might Also Like

1 komentar

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus

terimakasih sudah mau berkunjung dan berbagi komentar :)